HARI IBU “bukan” MOTHER’S DAY

Berita

Tidak semua orang memahami bahwa Peringatan Hari Ibu di Indonesia bukanlah  perayaan Mother’s Day di negara lain. Sejarah mencatat dicetuskannya Hari Ibu di Indonesia merupakan tonggak perjuangan perempuan untuk terlibat dalam upaya kemerdekaan bangsa dan pergerakan perempuan Indonesia dari masa ke masa dalam menyuarakan hak-haknya guna mendapatkan perlindungan dan mencapai kesetaraan.

Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember di Indonesia, menjadi bukti penghormatan kepada perempuan yang punya peran bukan sekedar sebagai pendukung. Kaum perempuan terlibat aktif, baik di belakang, di tengah, bahkan di garda terdepan untuk terus berjuang sampai hari ini. Tenaga, pikiran, darah, bahkan hingga nyawa telah disumbangkan. Tidak ada kata lelah, para perempuan hebat ini terus berkorban bukan saja bagi dirinya sendiri, melainkan demi kepentingan keluarga, lingkungan, masyarakat, bahkan bangsa dan Negara.

Sejarah mencatat dicetuskannya Hari Ibu di Indonesia merupakan tonggak perjuangan perempuan untuk terlibat dalam upaya kemerdekaan bangsa dan pergerakan perempuan Indonesia dari masa ke masa dalam menyuarakan hak-haknya guna mendapatkan perlindungan dan mencapai kesetaraan.

Peringatan Hari Ibu 22 Desember di Indonesia adalah untuk mengenang dan menghormati jasa serta peran sosok ibu secara khusus dan perempuan secara umumnya. Perempuan yang selalu terlibat aktif di garda terdepan untuk terus berjuang sampai hari ini. Tenaga, pikiran, darah, bahkan hingga nyawa telah disumbangkan. Tidak ada kata lelah, para perempuan hebat ini terus berkorban bukan saja bagi dirinya sendiri, melainkan demi kepentingan keluarga, lingkungan, masyarakat, bahkan bangsa dan Negara.

Perempuan Indonesia sadar betapa berharga dirinya. Utamanya karena tidak pernah berhenti merawat perjuangan para perempuan Indonesia di masa yang lalu, dalam gerak sekecil apapun, yang berarti melebihi apapun. Mari kita hormati para pejuang di masa lalu dan teruskan perjuangan para pahlawan perempuan di masa kini. Oleh karenanya tidak berlebihan kiranya jika pada Hari Ibu Pemerintah melalui Kemenpppa merilis tema, logo, dan rangkaian kegiatan.

Mother’s Day

Peringatan Mother’s Day dilaksanakan pada Hari Minggu pekan Ketiga dalam Bulan Mei setiap Tahunnya di Amerika Serikat dan beberapa negara yang mengikutinya. Sejarah Mother’s Day di Amerika Serikat, seperti dilansir laman Global Citizen, bermula sejak Perang Saudara pada 1868. Pada saat itu, Ann Jarvis membentuk sebuah komite “Hari Persahabatan Ibu” dengan harapan menyatukan kembali keluarga yang telah terpecah selama Perang Saudara dan ingin menjadikannya peringatan tahunan untuk ibu. Namun ia meninggal pada 1905. Kemudian pada 10 Mei 1908, putrinya, Anna Jarvis mengadakan perayaan Hari Ibu pertama kali, untuk menghormati mendiang ibunya. Anna Jarvis lalu berkampanye untuk menetapkan Hari Ibu pertama sebagai hari libur nasional di Amerika Serikat

Meski sama-sama peringatan untuk kaum ibu dan perempuan namun terdapat perbedaan keduanya. Peringatan Hari Ibu 22 Desember di Indonesia adalah untuk mengenang dan menghormati jasa serta peran sosok ibu secara khusus, dan perempuan secara umumnya. Sedangkan makna dan tujuan peringatan Mother’s Day di Amerika adalah untuk menghormati pengorbanan yang dilakukan ibu untuk anak-anak mereka yang dilakukan dengan cara saling bertukar kartu ucapan dan hadiah untuk sosok ibu.

Demikian perbedaan Hari Ibu dan Mother’s Day yang diperingati secara berbeda baik dari tanggal, sejarah, hingga cara memperingatinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan