WAHYU  TATA NEGARA MUNCUL DI PURWASARI

Berita

Pagelaran wayang kulit dengan lakon Wahyu Tata Negara atau Kresna Kembar oleh Ki Dalang Slamet Fauzi menjadi acara terakhir Gebyar HUT RI Ke-78 Desa Klampok, Minggu 27/08/2023. Pertunjukkan dimulai pukul 22.00 setelah sebelumnya penyerahan wayang Kresna oleh Kapala Desa Klampok Agus Supriyono kepada Ki Dalang Slamet Fauzi.

Slamet Fauzi merupakan dalang asli Purwasari Klampok. Pemerintah Desa Klampok senantiasa menampilkan putra putri terbainya dalam setiap event. Oleh karenanya sebagaii bentuk melestarikan budaya jawa dan mengangkat bakat serta kreatifitas warga, dalam Gebyar HUT RI Ke-78 Desa Klampok mengadakan pertunjukan wayang kulit dengan dalang putra asli Klampok.

Pagelaran wayang kulit dihadiri oleh Camat Purwareja Klampok Drs. Susanto, Kepala Desa Klampok Agus supriyono beserta Perangkat Desa Klampok, Ketua BPD Klampok Drs. Sunarko Risdiantoro dan anggota BPD, Ketua RW dan RT seluruh Desa Klampok, Ketua Panitia Gebyar HUT RI Ke-78 Nugroho Aldi dan panitia serta warga masyarakat Desa Klampok.

Dalam sambutannya Ketua Panitia Nugroho Aldi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Klampok yang telah meberi kepercayaan melaksanakan kegiatan ini, kepada masyarakat dan donatur yang telah berpartisipasi mensukseskan acara hari ini dan juga kepada seluruh panitia serta semua pihak yang telah menyelenggarakan Gebyar HUT RI Ke-78 ini dengan baik walaupun dengan persiapan yang sebentar.

Nugroho Aldi yang juga Ketua Karang Taruna Maju Sejahtera Desa Klampok tidak lupa meminta maaf apabila pelaksanaan Gebyar HUT RI Ke-78 kali ini kurang maksimal. Salah satunya karena waktu persiapan yang pendek. Namun Ketua Karang Taruna ini berjanji jika dipercaya kembali akan mengadakan acara serupa dengan lebih mewah dan lebih meriah.

Diakhir sambutannya Nugroho Aldi memberikan pesan dan masukan kepada Pemerintah Kecamatan Purwareja Klampok untuk menyertakan karang taruna dalam setiap kegiatan. “Karang Taruna merupakan lembaga resmi Pemerintah Desa yang menaungi para pemuda. Sedangkan pemuda merupakan ‘agent of change” dalam kehidupan yang tidak bisa dipandang sebelah mata peranannya”, demikian Aldi panggilan akrab Ketua Karang Taruna Maju Sejahtera Desa Klampok.

Sedangkan Kepala Desa Klampok Agus Supriyono menyampaikan apresasi dan terima kasih kepada seluruh warga Desa Klampok yang sudah nyengkuyung Pemerintah Desa Klampok dalam memperingati hari kemerdekaan dengan acara yang dimulai dengan turnamen sepak bola hingga malam ini. Dan semuanya berjalan kondusif aman dan meriah. Sesuai dengan tema yang diusung Guyub Gumregah Ambangun Tlatah.

Sementara Camat Purwareja Klampok Drs. Susanto dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Jajaran Pemerintah Desa Klampok dan warga Desa Klampok yang sudah menyelenggarakan acara meriah seperti ini. Bahkan Camat Purwareja Klampok menilai acara hari ini layaknya level kabupaten, bukan level desa. Menanggapi masukan dari Ketua Karang Taruna Maju Sejahtera Nugroho Aldi, Camat Purwareja Klampok berjanji dalam waktu dekat akan mengumpulkan pemuda di Kecamatan Purwareja Klampok untuk mengadakan kegiatan. Diakhir sambutannya Drs. Susanto mengatakan bahwa acara di Desa Klampok ini merupakan acara peringatan hari kemerdekaan terakhir di Kecamatan Purwareja Klampok. “Kegiatan di Desa Klampok ini menjadi satu-satunya kegiatan memperingati hari kemerdekaan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa di wilayah Kecamatan Purwareja Klampok yang pasti akan ditiru oleh desa-desa lain. Semoga Desa Klampok senantiasa menjadi barometer dari desa-desa di Kecamatan Purwareja Klampok”, demikian Camat Purwareja Klampok mengahiri sambutan.

Mewakili masyarakat, Tri Mulyantoro anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari FPKS menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Desa Klampok yang berhasil menyelenggarakan karnaval yang spektakuler. Pak Anto sapaan akrab putra asli Binangun ini juga meyampaikan dirinya akan selalu membantu dan mengalokasikan anggaran untuk Klampok agar bertambah maju. “Makanya penting ada wakil rakyat yang berasal dari daerah sendiri (Klampok) untuk membawa aspirasi dan membantu pembangunan di desa”, demikian Tri Mulyantoro menambahkan.

Sebelum pagelaran wayang dimulai, dilakukan penyerahan hadiah Liga Klampok dan pengumuman pemenang Karnaval. Kontingen dari RW 09 dengan nilai 1.025 menjadi Juara I, RW 01 dengan nilai 1.020 Juara II dan RW 12 menjadi Juara III yang memperoleh nilai 1.005. Urutan selanjutnya RW 02 (1.000), RW 04 (995), RW 11 (985), RW 10 (985), RW 07 (980), RW 13 (975), RW 14 (965), RW 03 (960),  RW 02 (945), RW 08 (945) dan RW 06 (885).

Penyerahan piala dan hadiah kepada Dusun 3 Besaran sebagai Juara Liga Klampok oleh Kepala Desa Klampok, sedangkan Juara II dari Dusun 1 Purwasari diserahkan oleh Ketua BPD Klampok Drs. Sunarko Risdiantoro. Sementara penyerahan hadiah juara karnaval oleh Kepala Desa Klampok, Camat Purwreja Klampok dan Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan