NASIONALISME PKK RW 06 MENGADAKAN UPACARA HARI PROKLAMASI

Berita

Tanggal 17 Agustus identik dengan Upacara dan kemeriahan. Hampir semua instansi mengadakan upacara maupun acara untuk memeriahkannya. Tetapi menjadi pemandangan langka jika warga biasa mengadakan upacara, seperti yang terlihat di RW 06 Desa Klampok warga yang tergabung dalam PKK RW 06 antusias mengadakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari proklamasi dan dilanjutkan dengan lomba-lomba.

Upacara bendera dihadiri oleh seluruh anggota PKK RW 06 kecuali yang bekerja karena harus mengikuti upacara serupa diinstansinya. Dilaksanakan di Halaman Rumah Ketua RW 06 Salibo Ashary upacara berjalan dengan khidmat dan serius. Bertindak selaku Pembina Upacara Sultinah, Ketua PKK RW 06 Desa Klampok, sementara Pemimpin Upacara Sri Iswati.

Sebagai pemimpin barisan dari RT 01 RW 06 Retno dan pemimpin barisan RT 02 RW 06 Asti Agustina. Selayaknya upacara HUT RI, pembacaan teks proklamasi oleh pembina upacara dan pembacaan Pancasila oleh Adminah. Sedang yang membacakan acara upacara Eka dan lagu kebangsaan  Indonesia Raya dan Menghenigkan Cipta dipimpin oleh Titi Hardini.

Selepas upacara dilaksanakan lomba-lomba. Ada lima perlombaan yang dikuti oleh seluruh peserta upacara yaitu lomba Nyuapin roti, lomba nyunggi tampah, lomba joget balon dan lomba kotak bola.Tampak perlombaan berjalan ramai dan meriah. Peserta lomba tampak serius mengikuti perlombaan hingga usai. Melepas kepenatan, peserta lomba menikmati makanan yang sudah diisediakan oleh pengurus PKK RW 06.

Sesi paling menarik pada acara upacara hari kemerdekaan dan lomba-lomba adalah acara tuker kado . Peserta upacara diwajibkan membawa kado sebagai hadiah untuk peserta upacara. Kado-kado tersebut kemudian dikumpulkan oleh Panitia dan dibagikan kembali kepada peserta upacara. Ini mirip dengan Budaya “takir” yang biasanya ada pada pengajian-pengajian atau acara keagamaan. Bedanya yang dibawa ini bukan makanan melainkan kado yang isinya barang-barang hadiah.

Dan sebagai penutup acara Upacara dan Lomba-lomba dalam rangka memperingati hari kemerdekaan PKK RW 06 Desa Klampok, dilakukan pengocokan arisan. Sebenarnya arisan ini kegiatan rutin buanan, mengingat Bulan Agustus adalah bulan yang istimewa makanya arisan rutin dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Ditemuai terpisah Ketua PKK RW 06 Desa Klampok Sultinah mengucapkan terima kasih kepada anggota PKK RW 06 yang telah melaksanakan upacara. Ini sebagai bukti PKK RW 06 berjiwa nasionalis, mencintai negaranya termasuk mencintai Desa Klampok. Oleh karenanya PKK RW 06 akan terus membantu, mendukung dan melaksanakan kegiatan baik diwilayah RW 06 sendiri maupun kegiatan-kegiatan Pemerintah Desa Klampok sebagai wujud kecintaannya kepada negara Indonesia.

Sementara Sekretaris PKK RW 06 selaku penggagas acara ini Siti Chamdah, SE mengatakan bahwa ide tercetus upacara ini karena Ibuibu PKK RW 06 jarang atau bahkan tidak pernah dilibatkan pada upacara-upacara resmi sementara ada kerinduan pada diri anggota akan kenangan pada saat anak-anak mengikuti upacara. Selain juga untuk memupuk jiwa nasionalis dan cinta kepada negara termasuk mencintai lingkungan sekitar dan Desa Klampok pada umumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan