POSYANDU REMAJA DESA KLAMPOK

Berita

Posyandu remaja adalah kegiatan berbasis kesehatan yang diperuntukkan khusus untuk remaja. Kegiatan ini akan membahas mengenai kesehatan fisik dan mental dengan tujuan membantu perkembangan remaja.

Masa remaja adalah masa rentan dengan berbagai permasalahan, baik permasalahan dengan diri sendiri, keluarga, hingga permasalahan dengan perkembangan zaman. Hal ini disebabkan karena masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Dalam masa ini seseorang akan mencari jati dirinya dan labil.

Dalam fase ini, mereka akan melakukan penyesuaian dengan lawan jenis, perubahan pola perilaku, dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar serta memiiki kecenderungan memisahkan diri dari keluarga. Oleh karenanya perlu dilakukan pendampingan dan pembinaan agar remaja tidak terjerumus pada hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya.

Menyadari hal tersebut, Pemerintah Desa Klampok, Kec. Purwareja Klampok mulai membudayakan Posyandu Remaja yang didahului dengan mengadakn kegiatan di RW 10, Minggu (18/6/2023) di Aula Warga RW 10. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Desa Klampok Agus Supriyono, Puskesmas Purwareja Klampok 1 Anggawanti, Amd.Keb, Kasi Pelayanan Desa Klampok Siti Muntakoh, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Klampok Sri Hidayati, Ketua Karang Taruna Nugroho Aldi dan Anggota Karang Taruna Maju Sejahter Desa Klampok.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Klampok menyampaikan pentingnnya menjaga diri dan kewaspadaan yang tinggi dengan pergaulan remaja saat ini. Efek mudahnya mengakses internet dan media sosial sangat rentan dengan perubahan perilaku remaja yang cenderung menyimpang. Oleh karenanya Agus Supriyono menghimbau semaja untuk bijak dalam menggunakan media sosial yang ada.

Kegiatan Posyandu remaja kali ini diisi dengan pengecekan tinggi badan dan berat badan remaja yang hadir untuk mengetahui komposisi yang iedal. Juga dilaksanakan pemeriksaan Tensi darah dan pengecekan gula darah. Semua tidak dipungut biaya alias gratis dan dilaksanakan oleh anggota Karang Taruna Maju Bersama didampingi oleh petugas dari Puskesmas Purwareja Klampok 1 Anggawanti, Amd.Keb sekaligus sebagai media pembelajaran dan menambah pengetahuan pelayanan kesehatan bagi anggota karang taruna.

Diakhir kegiatan Kasi Pelayanan Desa Klampok Siti Muntakoh mengatakan bahwa Posyandu Remaja ini akan menjadi kegiatan dan agenda rutin bidang pelayanan Pemerintah Desa Klampok bekerja sama dengan Karang Taruna Maju Sejahtera Desa Klampok. “Ini sudah menjadi agenda rutin yang akan dilaksanakan setiap bulan dengan bergiliran per RW atau per Dusun”, demikian Bu Mumun panggilan Kasi Pelayanan Desa Klampok ini menambahkan. @z2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan