KARNAVAL, WUJUD GUYUB DAN KREATIF WARGA KLAMPOK

Berita

Sebagai pembuka rangkaian acara GEBYAR HUT RI KE-78 DESA KLAMPOK, karnaval diikuti oleh 14 peserta/kontingen mewakili masing-masing RW di Desa Klampok. Selain peserta/kontingen dari masing-masing RW, ada juga kontingen dari Pemerintah Desa Klampok, Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama Desa Klampok, PPS Desa Klampok dan SMA PGRI Purwareja Klampok. Hanya saja kontingen selain perwakilan RW sebatas memeriahkan, berbeda dengan kontingen RW yang dilombakan. Penilaian dilakukan oleh Tim Penilai dari Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara, Dindikpora Korwil Kecamatan Purwareja Klampok dan Perwakilan dari Pers.

Pemberangkatan karnaval ditandai dengan pelepasan burung merpati oleh Kepala Desa Klampok Agus Supriyono bersama Forkopimcam Purwareja Klampok, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Tri Mulyantoro dan Ketua Panitia Nugroho Aldi di depan Aula Desa Klampok sekaligus tempat start karnaval

Karnaval didahului dengan sambutan oleh Kepala Desa Klampok Agus Supriyono. Sementara pemberangkatan kontingen di garis start oleh Camat Purwareja Klampok Drs. Susanto. Dalam sambutannya Kepala Desa Klampok mengucapkan terima kasih atas antusiasme warga mengikuti karnaval. Ini membuktikan semangat warga dalam mendukung program Pemerintah Desa Klampok dan selaras dengan tema yang diangkat pada peringatan hari kemerdekaan ini yaitu Guyub Gumregah Ambangun Tlatah yang berarti semangat kebersaman bangkit bersatu membangun desa dalam rangka mendukung visi dan misi Pemerintah Desa Klampok menuju Kota Pusaka yang bersinar dan bersejarah.

Drum Band dari SMP 2 Klampok menjadi barisan paling depan yang diikuti oleh Kontingen Pemerintah Desa Klampok. Berturut turut sesuai undian nomer pemberangkatan adalah kontingen RW 14, RW 09, RW 03, RW 02, RW 06, RW 07, RW 12, RW 08, RW 11, RW 04, RW 10, RW 01, RW 05, PPS Desa Klampok, PR NU Desa Klampok dan kontingen terakhir dari SMA PGRI Purwareja Klampok. Rute yang dilalui dari Depan Balai Desa Klampok sebagai permulaan terus ke arah timur sampai Dusun 5 Binangun berputar balik melewati Dusun 3 Besaran ke utara melewati Dusun 4 Kemangunan. Dari Dusun 4 Kemangunan berputar ke selatan masuk Dusun 2 Klampok terus ke barat sampai Dusun 1 Purwasari sebagai tempat finish, tepatnya di Lapangan Krido Utomo Purwasari. Jarak yang ditempuh sekitar 3,7 KM dengan melewati semua dusun yang ada di Desa Klampok.

Tak hanya peserta, masyarakat disepanjang jalan yang menjadi rute karnaval juga sangat antusias menyaksikan karnaval. Penampilan drum band SMP 2 Purwareja Klampok menambah kemeriahan dan antusiasme warga disepanjang rute yang dilalui. Peserta menampilkan atraksi dan kreatifitasnya didepan juri yang dibagi menjadi 3 titik. Petama di depan Puskesmas 1 Purwareja Klampok dengan tim penilai Menti dai Korwil Dinsikpora Kecamatan Purwareja Klampok. Yang kedua di depan Masjid Umar Bin Khatab Klampok dengan juri Daryo dari Dinas Pariwisata Kabupaten Banjarnegara, sedngkan penilaian ketiga di Jalan Warga Utama Purwasari dengan juri Dimas D Pradikta dari Harian Pikiran Rakyat.

Memasuki finish di lapangan Kridho Utomo Purwasari, peserta dan penonton disuguhi pertunjukan Kuda Kepang menampilkan Group Kuda Kepang Putra Sido Muncul dari RT 03 RW 02 Dusun Purwasari Klampok pimpinan Ali Isrofi. Kemeriahan di Lapangan Kridho Utomo semakin menjadi ketika dilakukan pengundian door prise dengan selingan live musik dari Sabila Music diiringi  Dani Audio Purwasari Klampok pimpinan Jasan Jaswanto. Panitia menyediakan door prise Sepeda Listrik, Sepeda MTB, Mesin Cuci, Kulkas, Televisi dan hadiah hiburan lainnya. Suasana bertambah meriah ketiaka hadir dalam pembagian door prise Angggota Komisi V DPR RI Lasmi Indaryani bersama suaminya dan didampingi Kepala Desa Klampok Agus Supriyono. Lasmi Indriyani  merupakan legislator dari Dapil VII (Banjarnegara, Purbalingga dan Kebumen) yang asli Banjarnegara.

Selepas pengundian door prise utama sebuah Sepeda listrik, peserta dan penonton mulai meninggalkan panggung utama. Namun sebagian kembali menikmati sajian kuda kepang yang dilanjutkan selepas pembagian door selesai. Anisa Larasati dari RW 14 menjadi peserta yang beruntung membawa door prise utama yang diserahkan oleh Kepala Desa Klampok Agus Supriyono.

Ditemui selepas pembagian door prise, Kepala Desa Klampok mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak. Ia juga turut mengapresiasi panitia dan seluruh peserta karnaval yang telah memeriahkan acara pada Minggu 27 Agustus 2023, dengan aneka kostum, replika patung yang dibuat untuk menggambarkan potensi yang dimiliki Desa Klampok.

“Selain karnaval juga ada pentas seni kuda lumping, pagelaran wayang kulit malam harinya, dan sebelumnya telah dilaksanakan turnamen sepakbola antar dusun yang ada di Desa Klampok, kegiatan ini terlaksana berkat kekompakan warga masyarakat Desa Klampok yang dengan ikhlas menyumbangkan dana melalui pembelian kupon doorprize, dan para donatur dan sponsor yang turut sengkuyung mensukseskan rangkaian acara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia di Desa Klampok,” ungkap Kepala Desa Klampok Agus Supriyono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan