GEBYAR HUT RI KE-78 DESA KLAMPOK, “GUYUB GUMREGAH AMBANGUN TLATAH”

Berita

Kemeriahan dan raut bahagia terpancar dari masyarakat Desa Klampok, Kecamatan Purwareja Klampok, Banjarnegara, Minggu 27 Agustus 2023, ketika hampir separo warga Desa tumplek di Lapangan Kridho Utomo Purwasari Klampok menikmati serangkaian acara dalam memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang bertajuk GEBYAR HUT RI KE-78 DESA KLAMPOK. Betapa tidak, moment yang sudah bertahun-tahun ditunggu masyarakat, pada tahun ini diwujudkan. Mengangkat tema Guyub Gumregah Ambangun Tlatah yang berarti semangat kebersamaan dalam membangun desa, Pemerintah Desa Klampok mengadakan serangkaian acara mulai dari Karnaval, pertunjukkan kuda lumping dan malamnya ditutup dengan pagelaran wayang kulit.

Rangkain acara GEBYAR HUT RI KE-78 DESA KLAMPOK didahului dengan karnaval yang diikuti 14 kontingen RW yang ada di Desa Klampok. 14 kontingen menampilkan kreatifitas dan keunikannya sendiri-sendiri. Selain peserta dari kontingen RW juga ada peserta dari Pengurus Ranting NU Desa Klampok, PPS Desa Klampok dan SMA PGRI Purwareja Klampok. Antusiasme warga mengikuti karnaval sangat tinggi apalagi pada karnaval ini kontingen dari RW dilombakan.

Karnaval berkahir di Lapangan Kridho Utomo Purwasari Klampok. Peserta dan penonton berbaur menikmati sajian Kuda Kepang, sebuah kesenian tradisional yang masih eksis dan terus berkembang di Desa Klampok. Pertunjukkan Kuda Kepang atau dikenal dengan Ebeg menjadi salah satu rangkaian kegiatan dari Gebyar HUT RI KE-78 Desa Klampok dan menampilkan Group Kuda Kepang Putra Sido Muncul dari RT 03 RW 02 Dusun Purwasari Klampok pimpinan Ali Isrofi.

Memasuki tengah hari Kuda Kepang istirahat, kemeriahan di Lapangan Kridho Utomo semakin menjadi ketika dilakukan pengundian door prise dengan selingan live musik dari Sabila Music diiringi  Dani Audio Purwasari Klampok pimpinan Jasan Jaswanto. Panitia menyediakan door prise Sepeda Listrik, Sepeda MTB, Mesin Cuci, Kulkas, Televisi dan hadiah hiburan lainnya. Suasana bertambah meriah ketiaka hadir dalam pembagian door prise Angggota Komisi V DPR RI Lasmi Indaryani bersama suaminya dan didampingi Kepala Desa Klampok Agus Supriyono. Lasmi Indriyani  merupakan legislator dari Dapil VII (Banjarnegara, Purbalingga dan Kebumen) yang asli Banjarnegara.

Rangkaian acara Gebyar HUT RI Ke-78 Desa Klampok diakhiri dengan Pagelaran wayang kulit oleh dalang Ki Slamet Fauzi dalang asli Purwasari Klampok dengan lakon Kresna Kembar. Sebelumnya diadakan santunan anak yaitm dari Pemerintah Desa Klampok. Sebanyak 47 anak yatim yanga ada di Desa Klampok mendapat santunan donasi dari Perangkat Desa Klampok dan warga masyarakat. Sementara penutup dari serangkaian acara memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang dikemas dalam GEBYAR HUT RI KE-78 DESA KLAMPOK akan disajikan pertunjukkan kuda kepang kedua yang menampilkan Group Kuda Kepang Turangga Bambu Sayekti dari Dusun 4 kemangunan pimpinan Adman, Kamis (31/08/2023) di RT 03 RW 10 Kemangunan Klampok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan