GELIAT KEMERIAHAN PERAYAAN HUT RI KE-78 KEWILAYAHAN DESA KLAMPOK

Ekonomi, Sosial dan Budaya

Geliat perayaan hari kemerdekaan sudah terasa di Desa Klampok. Dibeberapa sudut desa dan jalan-jalan desa sudah banyak yang memasang bendera, umbul-umbul, lampu hias, pengecatan dan hiasan lain untuk membuat suasana lebih meriah. Kemeriahan ini bukan hanya sebatas lingkungan tetapi juga banyaknya warga masyarakat yang akan mengadakan perayaan dengan berbagai kegiatan seperti tasyakuran, perlombaan, panggung gembira dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan secara mandiri di setiap wilayah RT atau RW. Selain perayaan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Klampok sendiri.

Arif Hermawan, tokoh pemuda dari Purwasari mengatakan jika sampai saat ini belum ada info pasti wilayah RW atau RT yang akan mengadakan perayaan. Namun seperti yang sudah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya RT 04 RW 03 mengadakan panjat pinang dan kemungkinan akan diadakan lagi. Sedangkan di RT 02 RW 03 diadakan lomba-lomba untuk anak-anak. “memang tidak semua wilayah RT mengadakan kegiatan perayaan, tetapi berkaca dari tahun-tahun yang lalu mayoritas RT/RW di Wilayah Purwasari banyak yang mengadakan”, demikian Herna panggilan Arif Hermawan mengatakan.

Dari Dusun 2 Klampok, RW 04 akan mengadakan 3 kegiatan perayaan dalam memperingati hari kemerdekaan, diluar karnaval yang menjadi kegiatan tingkat desa. Sugeng Riyanto mengatakan, pada malam 17 Agustus 2023 akan diadakan tasyakuran yang diikuti oleh seluruh warga RW 04 dan berlokasi di RT 02 RW 04. Sedangkan untuk lomba untuk orang tua dan panggung gembira akan dilaksanakan tanggal 18 Agustus yang berlokasi di RT 03 RW 04. “ Sengaja kami membagi kegiatan dilokasi yang berbeda agar terjadi pemerataan kegiatan. Sedangkan untuk lomba anak-anak diserahkan kepada masing-masing wilayah RT”, demikian Ketua RW 04 menambahkan.

Sementara di RW 05 kegiatan memperingati hari kemerdekaan akan dipusatkan di Jalan Lingkungan RW 05 dengan mengadakan tasyakuran sekalian lomba-lomba dan pentas hiburan dalam satu waktu yang bersamaan pada malam 17 Agustus 2023. Nyoto Prayitno mengatakan kegiatan yang dilakukan secara serentak ini bertujuan untuk bisa fokus dengan kegiatan perayaan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa.  “Dalam tasyakuran nantinya setiap RT diwilayah RW 05 membawa tumpeng untuk dimakan bersama seluruh warga sebagai symbol kebersamaan dan keguyuban sesama warga”, demikian Ketua RT 02 RW 05 ini menambahkan.

RW 06 dan RW 07 mengadakan kegiatan bersama dalam rangka memperingati hari kemerdekaan. Secara geografis dan emosional memang kedua wilayah ini lebih banyak berinteraksi walaupun secara administrasi pemerintahan desa terpisah wilayah dusun. RW 06 masuk wilayah Dusun 2 Klampok sedangkan RW 07 masuk wilayah Dusun 4 kemangunan. Ibnu Puji Arifianto selaku pantia kegiatan mengatakan perayaan hari kemerdekaan akan mengadakan lomba-lomba dan malam pentas seni sebagai wadah untuk menampung kreatifitas warga kedua wilayah.

Dari Dusun 4 Kemangunan RW 10 mungkin wilayah yang paling siap dan paling meriah mengadakan kegiatan perayaan. Ketua RW 10 Suratno mengatakan  pada perayaan harikemerdekaan ini RW 10 akan mengadakan lomba-lomba (total 18 jenis perlombaan), Jalan Sehat, Malam Tasyakuran, Santunan, Pentas Seni dan Panggung Hiburan, Karnaval Wilayah RW 10, Pentas Seni Ebeg Turangga Bambu Sayekti dan sebagai kegiatan penutup dengan mengadakan Nonton Bareng Kegiatan Perayaan HUTI RI di RW 10 Desa Klampok.

Perayaan hari kemerdekaan di RW 10 dipusatkan di Aula RW 10  (satu-satunya wilayah RW yang mempunyai Gedung Aula sendiri). Untuk lomba-lomba dilaksanakan dari tanggal 1-9 Agustus 2023, jalan Sehat tanggal 13 Agustus 2023, Malam Tasyakuran dan Santunan tanggal 16 Agustus 2023, Pentas Seni tanggal 18 Agustus 2023, Karnaval tanggal 27 Agustus 2023, Pentas Ebeg tanggal 31 Agustus 2023 dan penutupan kegiatan dengan nonton bareng tanggal 9 September 2023. “Walaupun kegiatan ini dalam wilayah RW 10, tapi kami tidak menutup diri apabila ada warga dari wilayah lain yang berpartisipasi untuk meramaikan kegiatan ini”, demikian Pak Ratno panggilan akrab Ketua RW 10 ini melanjutkan.

Sementara dari Dusun 5 Binangun, Kepala Dusun 5 Binangun Purtianka Arif Wibowo mengatakan untuk wilayah Dusun 5 Binangun yang terdiri dari RW 12, RW 13 dan RW 14 akan mengadakan kegiatan lomba-lomba, malam tasyakuran dan pentas seni. “Untuk RW 12 kegiatan dipusatkan di halaman Rumah Ketua RT 01 RW 12 Karsono. Sedangkan untuk RW 13 di halaman Rumah Ketua RT 03 RW 13 Ali Syahbana dan untuk RW 14 dipusatkan di Perempatan Jalan RW 14”, demikian Kepala Dusun 5 ini menambahkan.

Kepala Desa Klampok Agus Supriyono mengaku senang dan gembira atas partisipasi warga di masing-masing wilayah yang mengadakan kegiatan perayaan hari kemerdekaan. “Atas nama Pemerintah Desa Klampok mengucapkan terima kasih dan berharap untuk wilayah lain bisa melaksanakan juga walaupun dengan sederhana. Yang penting semangat patriotisme dan kebangsaan warga terus terbangun sebagai modal untuk Bersama-sama membangun Desa Klampok. Dan insya allah “Klampok Maju Bersama”, demikian Kepala Desa Klampok memberikan dukungan.  @z2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan