ASAL MUASAL “BUBUR SURO”

Berita

Dalam tradisi sebagian umat islam ada kebiasaan membuat masakan BUBUR dalam setiap sepuluh syuro. Mereka menyebutnya “BUBUR SYURO”.

Tersebut dalam kitab Nihayatuz-Zain hal, 179.

وحكي ان نوحا عليه الصلاة والسلام لما استقرت به السفينة يوم عاشوراء قال لمن معه:
“اجمعوا مابقي معكم من الزاد. فجاء هذا بكف من الباقلاء وهو الفول, وهذا بكف من العدس, وهذا بارز, وهذا بشعير, وهذا بحنطة. فقال:اطبخوه جميعا فقد هنأتم بالسلامة. فمن ذلك اتخذ المسلمون طعام الحبوب. وكان ذلك اول طعام طبخ علي وجه الارض بعد الطوفان. واتخذ ذلك عادة في يوم عاشوراء.
(نهاية الزين صحيفة 179)

Di kisahkan ketika perahu Nabi Nuh terdampar (di atas gunung ZUD) di hari ‘ASYURO’. Beliau memerintahkan orang-orang yg berada di perahu untuk mengumpulkan apa yg tersisa dari perbekalan : ” mari, kumpulkan sisa-sia bekal kalian!!!”.

Lalu ada yg membawa kacang faul/kacang kapri. Ada yg membawa kedelai, ada yg beras, ada yg membawa jagung, ada yg gandum. Lalu Nabi Nuh AS berkata “Masak semuanya!!! Kalian telah di anugrahi keselamatan oleh Alloh SWT”.

Itulah makanan yg pertama kali dibuat setelah banjir BAH yg sangat fenomenal, lalu menjadi TRADISI umat islam setiap tanggal 10 muharrom membuat hidangan dari biji-bijian atau yg lebih kita kenal dengan BUBUR SYURO.

Wallahu A’lam

Sumber : Kyaiku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan