Mengenal El Nino: Pengertian, Penyebab, dan Dampaknya

Berita

Mengutip laman resmi BMKG, El Nino merupakan fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudra Pasifik bagian tengah. Jika pemanasan ini meningkat secara terus-menerus, maka potensi pertumbuhan awan di Samudra Pasifik bagian tengah pun ikut meningkat. Akibatnya, curah hujan khususnya di Indonesia akan berkurang. Secara sederhana, El Nino adalah suatu fenomena alam yang memicu terjadinya kekeringan.

Istilah El Nino berasal dari Bahasa Spanyol yang artinya anak laki-laki. Awalnya, El Nino digunakan untuk menandai kondisi arus laut hangat tahunan yang mengalir ke arah selatan di sepanjang pesisir Peru dan Ekuador saat menjelang natal. Fenomena ini muncul selama berabad-abad, hingga akhirnya dinamai oleh nelayan Peru sebagai El Nino de Navidad.

El Nino dipicu oleh peningkatan suhu permukaan air di Samudra Pasifik bagian tengah. Perubahan suhu ini akan menyebabkan pergeseran angin dan arus laut. Akibatnya, pola cuaca secara global berubah.

Mengutip laman Dinkes DIY, dalam kondisi normal, angin pasang yang kuat akan mendorong air laut dengan permukaan hangat ke Pasifik barat. Akibatnya akan menghasilkan gradien suhu yang signifikan di Samudra Pasifik dengan air yang lebih dingin sampai naik di sepanjang pantai Amerika Selatan. Selama El Nino masih berlangsung, angin pasat akan melemah yang memungkinkan air hangat bermigrasi ke timur. Hal inilah yang mengganggu gradien suhu dan memengaruhi sirkulasi atmosfer. Selanjutnya, perairan hangat akan melepas panas ke atmosfer. Suhu udara naik dan membentuk sistem tekanan rendah di Pasifik tengah dan timur yang mengganggu sirkulasi walker serta pola sirkulasi atmosfer yang mendorong angin pasat dan pola cuaca.

Masih mengutip BMKG, El Nino umumnya berdampak pada berkurangnya curah hujan di Indonesia atau kekeringan. Dampak El Nino tergantung pada intensitas, durasi, dan musim yang sedang berlangsung. Selain itu, El Nino juga akan berdampak pada sektor pertanian, terutama tanaman pangan semusim yang mengandalkan air. Rendahnya curah hujan dikhawatirkan akan menyebabkan gagal panen. El Nino juga dapat memicu risiko kebakaran hutan dan lahan meningkat. Minimnya curah hujan membuat sejumlah wilayah mengalami kekeringan, sehingga dikhawatirkan akan menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Artikel ini ditulis oleh Iis Sulistiani peserta program magang bersertifikat kampus Merdeka di detikcom, Minggu 08 Oktober 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan