PEMILIHAN BPD DUSUN 5 BINANGUN

Berita

Dusun 5 Binangun menjadi wilayah terakhir yang mengadakan pemilihan anggota BPD Desa Klampok, Minngu 16 Juli 2023. Bertempat di Rumah Kepala Dusun 5 Binangun Purtianka Arif Wibowo, pemilihan anggota BPD perwakilan Dusun 5 Binangun dihadiri oleh Kepala Desa Klampok Agus Supriyono, Kasi Tata Pemerintahan Desa Kecamatan Purwareja Klampok Sutinah, Panitia Pelaksana, Calon Anggota BPD, Tokoh Masyarakat dan Perwakilan tiap RT sebagai pemilik suara sah.

Menjadi wilayah paling timur Desa Klampok yang berbatasan dengan Desa Kalimandi, Binangun termasuk wilayah dengan populasi tinggi. Data dari SID menunjukkan di tahun 2023 penduduk Dusun 5 Binangun berjumlah 1.936 jiwa (636 KK). Populasi penduduk ini tersebar ke dalam 3 (tiga) RW dan 10 (sepuluh) RT. Dengan perwakilan setiap RT berjumlah 3 orang dengan paling sdikit 1 orang perempuan, maka ada 30 suara yang diperebutkan oleh calon anggota BPD perwakilan wilayah Dusun 5 dan 10 suara perempuan yang akan diperebutkan oleh calon BPD perwakilan perempuan.

Ada fenomena yang menarik di Dusun 5 Binangun, dimana wilayah ini menjadi Dusun yang paling banyak peminatnya dari wilayah lain di Desa Klampok. Total terdapat 8 orang memperebutkan 2 kursi BPD perwakilan wilayah Dusun 5 Binangun. Kedelapan calon anggota BPD yang akan memperebutkan 30 pemilik suara itu adalah : Slamet Mulyanto, Joni Wandono Aditya, Sigit Purwanto, Iqbal Wahyu M, Kusmiyati, Olga Scharissa Putri, Heri Setyawan dan Laksita Putri A.

Menjadi lebih menarik lagi karena di Dusun 5 Binangun ini adalah penentuan anggota BPD perwakilan perempuan yang sebelumnya sudah dipilih di 4 (empat) dusun lainnya. Data sementara menunjukan Ika Putrianing Utami memiliki 8 suara, Eko Yuli Prihatin memiliki 17 suara dan Esti Sutini 8 suara. Ketiga kandidat ini memperebutkan suara perempuan dari Dusun 5 yang berjumlah 10 suara.

Proses pemilihan pun menjadi paling menarik dibanding wilayah dusun lainnya yaitu terjadinya pilihan ulang bahkan sampai dua kali akibat perolehan suara yang sama diantara calon. Sesuatu yang tidak ditemukan diwilayah lain di Desa Klampok. Pemilihan yang dipandu oleh Sekretaris Panitia Davis Adityas berjalan seperti umumnya namun pada perhitungan suara menemukan fenomena yang tidak terjadi sebelumnya dimana terdapat tiga calon yang mendapat suara sama. Slamet Mulyanto mendapat 8 suara, Joni Wandono Aditya 5 suara, Sigit Purwanto 5 suara, Iqbal Wahyu M 2 suara, Kusmiyati 5 suara, Olga Scharissa Putri 1 suara, Heri Setyawan 1 suara dan Laksita Putri A mendapat 3 suara.

Dengan hasil tersebut maka Slamet Mulyanto dipastikan merebut satu kursi BPD perwakilan Dusun 5 Binangun. Sedangkan untuk kursi satunya masih harus diperebutkan karena terdapat tiga calon : Joni Wandono Aditya, Sigit Purwanto dan Kusmiyati mendapat suara sama yaitu 5 suara. Maka untuk menentukannya dilakukan pemilihan ulang yang diikuti oleh tiga kandidat tersebut.

Pada pemilihan ulang masih terjadi perolehan yang sama antara dua kandidat yang bersaing. Joni Wandono Aditya mendapat 10 suara, Sigit Purwanto mendapat 9 suara, Kusmiyati mendapat 10 suara dan 1 suara tidak sah. Untuk penentuannya maka dilakukan pemilihan ulang kedua, namun pada pemilihan ulang kedua ini setiap wilayah RT hanya mewakilkan 1 orang sehingga total ada 10 suara. Dan pada pemilihan ulang kedua ini Wandono Aditya mendapat 4 suara, Kusmiyati 5 suara dan 1 suara tidak sah. Dengan demikian Kusmiyati melengkapi menjadi anggota BPD perwakilan Dusun 5 Binangun bersama Slamet Mulyanto. Sementara untuk Pengganti Antar Waktu Sigit Purwanto dan Laksita Putri A.

Untuk pemilihan perwakilan perempuan, 10 suara Dusun 5 Binangun menjadi penentu dari ketiga calon yang bersaing yaitu Ika Putrianing Utami, Eko Yuli Prihatin dan Esti Sutini. Pada perhitungan suara pemilihan di Dusun 5 Binangun, Ika Putrianing Utami mendapat 9 suara, Eko Yuli Prihatin mendapat 1 suara dan Esti Sutini tidak mendapat suara. Setelah di akumulasi dengan pemilihan di Dusun 1 sampai Dusun 4, Ika Putrianing Utami total mendapat 17 suara, Eko Yuli Prihatin 18 suara, Esti Sutini 8 suara. Dengan demikian Perwakilan Perempuan BPD Desa Klampok periode 2023-2029 ditetapkan Eko Yuli Prihatin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan