KLAMPOK FASHION SHOW 2023

Berita

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia Ke-78 di RW 04 Desa Klampok ditutup dengan sebuah pertunjukkan yang bertajuk malam seni dan kreatifitas Sabtu (19/08/2023) di RT 03 RW 04 Desa Klampok. Hadir pada acara ini Kepala Desa Klampok Agus Supriyono, Kasi Tata Pemerintahan Desa Klampok Sutinah, Aiptu Teguh Suharyadi mewakili Kapolsek Purwareaja Klampok, Sertu Tarhim mewakili Danramil 02 Purwareja Klampok, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Tri Mulyantoro, Kepala Dusun 2 Klampok Azis, Ketua Karang Taruna Maju Sejahtera Nugroho Aldi serta tokoh masyarakat dan warga RW 04 Desa Klampok.  

Dibuka dengan sambutan Kepala Desa Klampok Agus Supriyono yang menyampaikan terima kasihnya kepada warga RW 04 yang telah melaksanakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia dengan berbagai acara yang puncaknya dengan malam pentas seni. Ini menunjukkan warga RW 04 selaras dengan tema Peringatan Hari Kemerdekaan RI Desa Klampok yaitu Guyub Gumregah Ambangun Tlatah yang berarti sebuah spirit kebersamaan seluruh elemen untuk bersama-sama membangun Desa Klampok. “Kami sempaikan selamat kepada seluruh panitia dan warga RW 04 atas terlaksananya malam pentas seni yang cukup meriah ini dan berharap kegiatan seperti ini terus diadakan dimasa-masa yang akan datang agar Desa Klampok terus bertambah maju”, demikian AguS Supriyono mengakhiri sambutannya.

Sementara Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kecamatan Purwareja Klampok menyampaikan apresiai dan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mengadakan acara malam pentas seni di RW 04, ini wujud kecintaan warga terhadap negara. “Apalagi dalam fashion show ini, saya melihat banyak peserta  yang mengangkat tema  tradisional dan budaya nusantara. Ini menunjukkan warga RW 04 memiliki rasa nasionalisme dan mencintai budaya sendiri yang tinggi”, demikian Sutinah menambahkan.

Ada yang menarik dari acara ini dan jarang terlihat pada malam pentas seni memperingati HUT Kemerdeakaan pada umumnya yaitu fashion show. Menjadi lebih menarik lagi fashion show ini tidak menampilkan Model papan atas apalagi Model ibu kota tapi Model dari warga RW 04 sendiri yang awam akan dunia modeling dan lenggak lenggok di atas catwalk. Dan ini yang menjadi daya tarik sendiri menyaksikan para model dadakan berlenggak lenggok dan tidak sedikit penampilannya mengundang tawa penonton dan dewan juri.

Acara dibuka dengan tari Kasmaran Chandra Kirana sebuah tari tradisional karya seniman dan perias pengantin dari RW 04 Desa Klampok Darto Arum dan ditamplkan dengan indah oleh Ibu-ibu PKK dari RT 01 dan RT 02 yang terdiri dari Yayan, Wati, Ika, Desti, Mulyani dan Ragil. Tanpa memiliki basic dan keahlian penari, ditambah dengan persiapan yang mendesak penampilan ibu-ibu PKK ini sangat menghibur dan mendapat aplaus dari penonton. Fashion show menjadi acara selanjutnya yang ditunggu-tunggu oleh peserta maupun penonton.

Diawali dengan penampilan anak-anak. Sejumlah 25 anak dari rW 04  ikut meramaikan dan menjadi peserta dalam acara ini. Tidak sedikit yang mengundang tawa penonton melihat aksi anak-anak yang polos ini berlenggak lenggok diatas catwalk layaknya model profesional. Ada juga yang justru kebingungan dan harus dituntun oleh MC Riska. Ada juga yang menangis dan mogok tidak mau melanjutkan karena takut dan malu. Namun seperti apapun penampilan anak-anak ini, satu hal perlu diacungi jempol adalah kepercayaan diri tampil didepan orang banyak, satu hal yang harus ditanamkan sejak dini.

Session selanjutnya adalah kategori dewasa yang menampilkan 37 peserta. Kategori ini juga tidak sedikit mengundang gelak tawa penonton karena kepolosan pesertanya tapi tidak sedikit juga yang membuat decak kagum penonton dan dewan juri karena tampil layaknya model profesional yang sudah terbiasa berlenggak lenggok diatas kanvas.  Penonton dibawa kealam bawah sadar seakan sedang berada di Paris Fashion Week, sebuah acara fashion week yang mendunia. Selain mendapat antusiasme dari peserta, kebanyakan penonton dan peserta  berharap acara serupa bisa diadakan lagi tahun depan.

Selain pertunjukkan fashion show dan tarian pembuka, juga ditampilkan pertunjukan tari Nirmala dan Tari Nusantara, tari tradisional karya Sugeng Riyanto, Ketua RW 04 yang juga guru tari serta sebuah opera Aladin yang semuanya dibawakan oleh remaja dan pemuda RW 04 Desa Klampok. Seluruh sajian yang tampilkan dalam acara pentas seni ini sangat menghibur dan membuat penonton tidak beranjak dari tempat duduknya hingga acara selesai.

Sebagai acara akhir pengumuman juara dan pemberian hadiah serta piala. Namun sebelum pengumuman pemenang, penonton diberi kenang-kenangan berupa door prise dari anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Tri Mulyantoro.Kenang-kenangan diberikan sendiri oleh Pak Anto (panggilan akrab Tri Mulyantoro di Klampok) kepada peserta favorit menurut versi Pak Anto Sendiri. Dan Hj. Sriah sebagai peserta paling sepuh mencuri hati Pak Anto atas partisipasinya. Sementara John Tulus berhasil menghibur Pak Anto dan penonton dengan penampilan lucu dan polosnya. Keduanya diberi kenang-kenangan dan sejumlah uang sebagai bentuk apresiasi dari tokoh masyarakat Klampok ini.

Tibalah pengumuman pemenang yang didahului dengan penyampaian kriteria penilaian oleh tim juri Ella dan Shofie dari Parikesitbangga, sebuah perkumpulan penata rias yang sudah mendapat pengesahan di wilayah Kecamatan Purwareja Klampok.  Pada Kesempatan tersebut Ella mewakili dewan juri menyampaikan 3 kriteria penilaian yaitu make up, kostum dan kesesuain antara gerak dan gaya peserta.

Berdasarkan penilaian tiga kategori tersebut Pemenang fashion show kategori anak-anak : Juara I atas nama  Caca dari RT 02 RW 04, Juara II atas nama Hanum Aliya Azza dan Juara III atas nama Nayla anindita Shakila dari RT 03 RW 04. Sementara untuk kategori Dewasa Juara I : Pasangan Priyo Budi Santoso dan Suprihatin dari RT 03 RW 04, Juara II pasangan Afif Fathurahman dan Uli Khanafiatun dan Juara III pasangan Arifin Widiono dan Oktiatun. Piala dan hadiah uang pembinaan untuk kategori anak diserahkan oleh Kepala Desa Klampok Agus Supriyono, Tri Mulyantoro, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Sertu Tarhim Babinsa Desa Klampok mewakili Danramil 02 Purwareja Klampok. Sedangkan kategori dewasa, piala dan hadiah uang pembinaan diserahkan oleh Aiptu Teguh Sugiharto mewakili Kapolsek Purwareja Klampok, Azis Kepala Dusun 2 Klampok dan Nugroho Aldi Ketua Karang Taruna Maju Sejahtera Desa Klampok.

Diakhir acara Nugroho Aldi selaku Ketua Karang Taruna Maju Sejahtera Desa Klampok ditemui ditempat terpisah menyampaikan salut dan tidak menyangka acara tingkat RW ini dikemas meriah dan mewah layaknya acara dilevel atas yang profesional. “Ini menunjukkan acara ini dikonsep dengan matang, baik dan sungguh-sungguh hingga menyajikan satu pertunjukan yang enak ditonton, mewah dan meriah yang belum dijumpai pada acara serupa di Desa Klampok. Salut dan apresiasi kami berikan kapada panitia dan warga yang telah menyelenggarakan acara ini”, demikian Aldi menambahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan