RAPAT KORDINASI KADER DESA KLAMPOK DAN LINTAS SEKTORAL

Berita

Dalam upaya meningkatkan kinerja Kader Kesehatan Desa dan sinkronisasi dengan Program Kegiatan Kesehatan Desa Klampok, Pemerintah Desa Klampok mengadakan rapat kordinasi dengan lintas sektoral, Jumat (23/06/2023) di Aula Desa Klampok. Hadir dalam rapat kordinasi Kepala Seksi Pelayanan Desa Klampok Siti Muntakoh, Nutrisionis Puskesmas Purwareja Klampok 1 Devi Fitri Anggraeni, Penyuluh Agama KUA Purwareja Klampok Mukafiyah dan Kuswati serta Seluruh Kader Kesehatan Desa Klampok.

Dalam sambutannya Kasi Pelayanan Desa Klampok Siti Muntakoh mengatakan bahwa untuk meningkatkan pelayanan kesehatan disetiap Posyandu maupun Posbindu, Pemerintah Desa Klampok di Tahun Anggaran 2023 ini telah menganggarkan untuk pembelian Alat Tensi dan Timbangan Digital untuk Posbindu setiap Dusun. “Selain pengadaan Alat Tensi dan Timbangan Digital yang dianggarkan melalui DD Tahun Anggaran 2023, Pemerintah Desa Klampok juga mendapatkan bantuan Anthropometri Kit dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara untuk 13 Posyandu Balita di Desa Klampok,” demikian Bu Mumun panggilan Kasi Pelayanan Desa Klampok ini menambahkan.

Antropometri Kit merupakan suatu paket alat yang berfungsi untuk menilai ukuran, proporsi, dan komposisi tubuh manusia. Antropometri Kit juga merupakan alat penting dalam mendeteksi stunting pada anak.

Pemberian Antropometri Kit sebagai upaya penurunan angka stunting sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Sebagai informasi di Desa Klampok, pada Bulan Mei 2023 angka stunting tercatat ada 35 anak dari total 370 anak yang aktif dalam kegiatan posyandu. Artinya terfdapat 9,5% anak di Desa klampok yang mengalami stunting. Walaupun tidak tergolong tinggi, namun ini tetap menjadi perhatian Pemerintah Desa Klampok dalam hal penanganannya sampai angka stunting no persen.

Setelah menerima Antropometri Kit bantuan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, Seluruh Kader Kesehatan Desa diberikan Sosialisasi dan cara pemakaian Antropometri Kit oleh Nutrisionis Puseksmas Purwareja Klampok 1 Devi Fitri Anggraeni.

Sementara dari Penyuluh Agama KUA Purwareja Klampok mensosialisasikan pentingnya sertifikasi halal bagi UMKM dan memperkenalkan Program Sertifikasi Halal SEHATI. @z2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pertanyaan Keamanan